Selasa, 23 Februari 2010

Diposting oleh Ian Eridanu Adam

Sejarah IMK

  1. Kunci orang-orang dan peristiwa-peristiwa.
  2. Seri dari pergeseran paradigma.
  3. Mengerti dimana kamu datang dan dapat membantu banyak untuk mengetahui kemana kamu pergi.
  4. Pengetahuan tentang suatu daerah menyiratkan penghargaan terhadap sejarahnya.
Paradigma
1. Kerangka teoritis dominan atau pandangan dunia ilmiah.
  • Misalnya Aristoteles, Newton, Einsten (relativitas) paradigma dalam fisika.
2. Mengerti sejarah IMK sebagian besar adalah tentang memahami serangkaian tentang pergeseran paradigma.
  • Tidak semua yang datang slide berikutnya benar-benar "paradigma" pergeseran, tetapi kamu mendapatkan ide.
Pergeseran paradigma
  1. Kartu, tape -> VDU.
  2. MAinframe -> PC.
  3. Glass tty -> Interface lemah.
  4. Perintah -> Manipulasi langsung.
  5. Manipulasi langsung -> Agen.
  6. Visual -> Multimedia.
  7. Linear -> Seperti Web.
  8. Desktop -> Ubiquitious, Mobile.
  9. Single user -> CSCW
  10. Tujuan menggunakan -> Terletak menggunakan.

Sejarah IMK
  1. Komputer digital didasarkan pada gagasan dari tahun 1700 dan 1800.
  2. Teknologi menjadi tersedia di tahun 1940-an dan 1950-an.
Orang-orang dan peristiwa dalam sejarah IMK.
1. Vannevar Bush
"As We May Think Public Atlantic Monthly 1945 telah diperpanjang jauh melampaui kemampuan kita sekarang untuk membuat nyata menggunakan rekaman".

2. Bush
a. Didalilkan perangkat Memex.
  • Dapat menyimpan semua catatan / articles / komunikasi.
  • Memory yang besar.
  • Produk diambil oleh pengindeksan, kata kunci, referensi silang.
  • Dapat membuat jejak link melalui materi.
  • dll.
b. Dibayangkan sebagai mikrofilm, bukan komputer.

3. J.R. Licklider

a. 1960 - didalilkan"simbiosis manusia-komputer".
b. Pasangan otak manusia dan mesin informasi komputer merevolusi penanganan yang erat.






4. Ivan Sutherland
a. Sketchpad .
  • '63 Tesis Ph.D. di MIT.
  • Hierarki - gambar & bagian gambar.
  • Master gambar dengan contoh (yaitu, OOP).
  • Kendala.
  • Ikon.
  • Menyalin.
  • Cahaya pena sebagai perangkat input.
  • Recursive operasi
5. Douglas Engelbart
a. Landmark sistem / demo:
  • hirarkis hypertext, multimedia, mouse, tampilan layar, jendela, berbagi file, pesan elektronik, CSCW, telekonferensi.
inventor of mouse







6. Alan Kay

a. Dynabook - Notebook berukuran penuh dengan komputer multimedia dan dapat menyimpan segalanya.








7. Ben Shneiderman

a. koin dan mengeksplorasi pengertian tentang interface manipulasi langsung waktu yang panjang direktur IMK Lab di Maryland.







8. Ted Nelson
a. Komputer dapat membantu orang, bukan hanya bisnis.
b.Menciptakan istilah "hypertext".









9. Nicholas Negroponte
a. Mesin MIT arsitektur & semua tahun 69-80.
b. Ide:
  • Dinding-ukuran display, video disk, AI pada interface (agen), speech recognition, multimedia dengan hypertext.









10. Mark Weiser
a. Memperkenalkan gagasan tentang "teknologi tenang"
Itu di mana-mana, tapi diam-diam surut ke dalam latar belakang.
b. CTO dari Xerox PARC.




sekian penjelasan dari saya tentang sejarah IMK.
untuk lebih lengkapnya liat di
sumber: http://parno.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7934/HCI_Gattech02-HistoryOfHCI.ppt
translator by: http://translate.google.co.id

0 komentar:

About me

Foto saya
Jakarta, Indonesia
Cuma sekedar manusia biasa yang masih banyak kekurangannya.kalau ingin tahu lebih lanjut add fb'a aja Ian Eridanu Adam.. atau twitter'a @ianeridanuadam