Minggu, 07 Maret 2010

Diposting oleh Ian Eridanu Adam

DESAIN PRINSIP-PRINSIP

I. Kategori

1. Pembelajaran
Dukungan untuk pembelajaran bagi users dari semua tingkat.
2. Fleksibilitas
Dukungan beberapa cara untuk melakukan tugas.
3. Ketahanan
Dukungan untuk Pemulihan.

II. Selalu berpikir tentang pengecualian dan kesesuaian

1. Prinsip Pembelajaran
a. Kemudahan dimana para user baru dapat memulai interaksi efektif dan mencapai kinerja maksimal.
  • Prediktabilitas
  • Sintesis
  • Kekeluargaan
  • Generalisasi
  • Konsistensi
Prediktabilitas
a. Saya berpikir bahwa tindakan ini akan melakukan.






b. Operasi visibilitas dapat melihat tindakan sia-sia.
  • Contoh menu vs perintah shell.
  • menu berwarna abu-abu.



Sintesis
a. Dukungan untuk user dalam menilai dampak operasi pada masa lalu yang menjadi keadaan sistem sekarang.
b. Diperlukan kembali untuk semua user, semua aplikasi?

Kekeluargaan
  • Sangat relevan dengan kesan pertama.
  • Penggunaan metafora potensi jebakan.
  • Apakah ada batasan dalam kekeluargaan?
Generalisasi
  • Contoh: cut & paste pada aplikasi yang berbeda.
  • Apakah pengetahuan tentang salah satu aspek dari kegunaan prinsip berlaku untuk beristirahat dari kegunaan prinsip?
  • Bantuan: Kegunaan prinsip pedoman Developers.
Konsistensi
1. Kemiripan pelaku antara tugas serupa/operasi/situasi.
  • Dalam hal yang berbeda.
2. Apakah ini selalu diharapkan bagi semua sistem, semua user?

2. Prinsip Fleksibilitas
a. Banyak cara dari sistem user tersebut sistem bertukar informasi.
  • Dialog Inisiatif
  • Banyak aturan
  • Pertanyaan migratabilitas
  • Subtitusi
  • Costumizability
Dialog Inisiatif
  • Tidak menghambat user dengan menempatkan batasan tentang bagaimana dialog dilakukan.
Banyak Aturan
  • Memungkinkan user untuk melakukan lebih dari satu tugas dalam satu waktu.
Pertanyaan Migratabilitas
  • Kemampuan untuk memindahkan tugas kinerja untuk entitas (user atau sistem) yang dapat melakukannya dengan baik.
Subtitusi
  • Fleksibilitas dalam rincian operasi.




Costumizability
  • Kemampuan user untuk merubah interface.














3. Prinsip Ketahanan
a. Mendukung user dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian.
  • Observability
  • Recoverability
  • Responsiveness
  • Task Conformance
Obsevability
  • User dapat menentukan keadaan internal sistem dari apa yang merasakan?
Recoverability
  • Kemampuan untuk mengambil tindakan korektif atas mengakui kesalahan.
Responsiveness
  • Persepsi komunikasi user dengan sistem.
Task Conformance
  • Apakah sistem tidak mendukung semua tugas user untuk tampil dalam cara yang diharapkan?
Sekian penjelasan tentang kegunaan prinsip, untuk lebih jelas langsung lihat langsung di sumbernya.

0 komentar:

About me

Foto saya
Jakarta, Indonesia
Cuma sekedar manusia biasa yang masih banyak kekurangannya.kalau ingin tahu lebih lanjut add fb'a aja Ian Eridanu Adam.. atau twitter'a @ianeridanuadam