Minggu, 07 Maret 2010
DESAIN PRINSIP-PRINSIP
I. Kategori
1. Pembelajaran
Dukungan untuk pembelajaran bagi users dari semua tingkat.
2. Fleksibilitas
Dukungan beberapa cara untuk melakukan tugas.
3. Ketahanan
Dukungan untuk Pemulihan.
II. Selalu berpikir tentang pengecualian dan kesesuaian
1. Prinsip Pembelajaran
a. Kemudahan dimana para user baru dapat memulai interaksi efektif dan mencapai kinerja maksimal.
a. Saya berpikir bahwa tindakan ini akan melakukan.
b. Operasi visibilitas dapat melihat tindakan sia-sia.
Sintesis
a. Dukungan untuk user dalam menilai dampak operasi pada masa lalu yang menjadi keadaan sistem sekarang.
b. Diperlukan kembali untuk semua user, semua aplikasi?
Kekeluargaan
1. Kemiripan pelaku antara tugas serupa/operasi/situasi.
2. Prinsip Fleksibilitas
a. Banyak cara dari sistem user tersebut sistem bertukar informasi.
Costumizability
3. Prinsip Ketahanan
a. Mendukung user dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian.
- Prediktabilitas
- Sintesis
- Kekeluargaan
- Generalisasi
- Konsistensi
a. Saya berpikir bahwa tindakan ini akan melakukan.
b. Operasi visibilitas dapat melihat tindakan sia-sia.
Sintesis
a. Dukungan untuk user dalam menilai dampak operasi pada masa lalu yang menjadi keadaan sistem sekarang.
b. Diperlukan kembali untuk semua user, semua aplikasi?
Kekeluargaan
- Sangat relevan dengan kesan pertama.
- Penggunaan metafora potensi jebakan.
- Apakah ada batasan dalam kekeluargaan?
- Contoh: cut & paste pada aplikasi yang berbeda.
- Apakah pengetahuan tentang salah satu aspek dari kegunaan prinsip berlaku untuk beristirahat dari kegunaan prinsip?
- Bantuan: Kegunaan prinsip pedoman Developers.
1. Kemiripan pelaku antara tugas serupa/operasi/situasi.
- Dalam hal yang berbeda.
2. Prinsip Fleksibilitas
a. Banyak cara dari sistem user tersebut sistem bertukar informasi.
- Dialog Inisiatif
- Banyak aturan
- Pertanyaan migratabilitas
- Subtitusi
- Costumizability
- Tidak menghambat user dengan menempatkan batasan tentang bagaimana dialog dilakukan.
- Memungkinkan user untuk melakukan lebih dari satu tugas dalam satu waktu.
- Kemampuan untuk memindahkan tugas kinerja untuk entitas (user atau sistem) yang dapat melakukannya dengan baik.
Costumizability
3. Prinsip Ketahanan
a. Mendukung user dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian.
- Observability
- Recoverability
- Responsiveness
- Task Conformance
- User dapat menentukan keadaan internal sistem dari apa yang merasakan?
- Kemampuan untuk mengambil tindakan korektif atas mengakui kesalahan.
- Persepsi komunikasi user dengan sistem.
- Apakah sistem tidak mendukung semua tugas user untuk tampil dalam cara yang diharapkan?
0 komentar:
Posting Komentar